Sunday, October 9, 2016
Berlangganan

Intip Cara Membuat Daging Kurban Bertekstur Empuk dan Tidak Bau

Ketika hari raya Idul Adha telah tiba, anda pun mendapatkan daging kurban sapi atau kambing dari panitia. Banyak menu makananan yang bisa dibuat dari bahan daging sapi atau kambing. Tapi jika salah mengolahnya, daging tersebut akan menjadi bau. Terkadang juga tidak empuk ketika disajikan.
Banyak ibu kerap membasuh daging sebelum memasak karena ingin menghindari kuman yang menempel. Anda tidak perlu mencuci daging sebab akan mengakibatkan bau. Untuk memperoleh daging lunak tidak mesti direbus dengan kurun waktu yang lama. Hal itu bisa mengurangi kelembutan tekstur dan gurihnya daging.
Anda tidak perlu panik. Ada banyak cara untuk membuat daging kurban itu empuk. Salah satunya menggunakan bahan alami. Berikut cara mengempukkan daging kurban agar tidak bau dan lunak ketika dimakan:
Teh
Teh tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan saja. Kandungan kanin dalam teh bisa melunakkan daging kurban. Buat 2 cangkir teh yang pekat. Diamkan teh agak dingin. Rendam daging di air teh selama 30 menit.
JaheEnzim proteolitik dalam jahe dapat mengurai protein dalam daging. Lumuri jahe pada daging selama 30 menit sebelum diolah.
Jeruk
Jeruk mengandung asam yang membantu menghaluskan otot, serat dan menambah rasa. Sebelum memasak, rendam daging dalam air jeruk hingga 30 menit.
Garam LautTaburkan garam laut di permukaan daging yang akan diolah. Diamkan selama 1 jam. Hal itu akan menghancurkan ikatan protein agar empuk ketika dikonsumsi.
Saus TomatTomat memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Karena itulah kandungan asam menjadi alasan mengapa tomat menjadi saus barbeque. Lumuri saus di permukaan daging sebelum dimasak.
Kopi
Kopi dapat melembutkan dan menguatkan rasa gurihnya daging. Panasi kopi yang mengental dan diinginkan untuk merendam daging hingga 24 jam.
Yogurt
Yogurt memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan kalsium di dalamnya dapat mengaktifkan enzim sehingga mampu memecahkan protein.
Minuman BersodaMinuman bersoda dapat mengempukkan daging. Kandungan asam minuman bersoda dapat menghaluskan otot daging. Rendam daging dalam minuman itu selama 30 menit.
Kulit PisangAnda dapat menggunakan kulit pisang untuk melunakkan daging. Kandungan bahan aktif dalam kulit pisang dapat menguraikan protein. Hal itu membuat daging menjadi cepat lunak. Kulit pisang membuatnya tidak kering dan mengubah rasa ketika dimasak.
KiwiKiwi memiliki kandungan enzim actinidin yang dapat membuat daging menjadi lunak. Haluskan kiwi dan lumuri pada daging yang akan dimasak. Diamkan selama 2 jam untuk hasil yang maksimal.
NanasNanas memiliki kandungan enzim bromelin yang dapat mengurai serat dan membuat daging menjadi lebih empuk. Parut nanas dan oleskan pada daging. Diamkkan selama 45 menit sebelum dimasak.
Memasak dan menyajikan daging kurban tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi mengolahnya dibantu dengan sanak saudara yang tengah berkumpul di rumah. Yang terpenting adalah anda memahami pengolahan daging kurban sebelum dimasak.