Sunday, October 9, 2016
Berlangganan

Ingin Kulit Tetap Sehat? Waspadai Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Digaruk

Kadang saat ada waktu luang membuat anda iseng menggaruk beberapa bagian tubuh. Misalnya ketika melihat cat kuku yang tidak rata. Hal tersebut terlihat sepele tapi bisa membuat kuku anda menjadi kering.
Tidak hanya karena iseng, rasa gatal pun kerap membuat anda menggaruk bagian tubuh sampai meninggalkan bekas luka. Anda tentu menyesal melihat kulit yang tidak lagi sehat. Berikut bagian tubuh yang tidak boleh digaruk:
KukuAnda harus mengurangi kebiasaan buruk sejak kecil. Mungkin anda tidak sadar sering menggigit bagian kuku yang telah panjang. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan kuku.
Menghilangkan cat kuku dengan menggaruknya bukan kebiasaan yang baik. Sebab bagian atas kuku akan rapuh dan kering.
WajahWajah adalah bagian yang penting. Lakukan perawatan yang berlebih jika berkaitan dengan bagian tubuh itu. Misalnya anda mencoba membersihkan komedo. Kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah.
Akar RambutBila ada rambut rusak, anda ingin segera mencabut hingga bagian folikel rambut. Kebiasaan ini semestinya dihindari. Sebab bila dilakukan terus menerus akan meninggalkan jaringan parut dan infeksi di daerah tersebut.
BadanGigitan nyamuk memang membuat gatal. Namun anda perlu menghindari kebiasaan menggaruk bagian yang gatal tersebut. Sebab hal itu bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.
Bagian Wajah Karena JerawatHindari menggaruk kulit ketika anda memiliki jerawat. Kebiasaan ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen. Jerawat pun akan kembali muncul.
jangan digaruk
Tangan merupakan tempat bernaungnya banyak bakteri. Bila tidak dalam keadaan bersih dan menggaruk bagian badan, akan ada luka yang membekas dan infeksi. Berikut bagian tubuh lainnya yang tidak boleh dipegang bahkan digaruk:
Bagian Tubuh yang Terluka
Bagian luka yang akan kering sering kali terasa gatal. Jika digaruk akan menyebabkan pendarahan, infeksi dan luka akan meninggalkan bekas.
Hidung
Kebiasaan buruk mengusap hidung yang gatal rupanya menyebabkan permasalahan yang serius. Berdasarkan penelitian, 51 persen orang yang melakukan hal itu menyebabkan Staphylococcus Aureus menyebarkan bakteri jahat di sekitar daerah itu.
BibirUntuk kebanyakan orang, bibir yang pecah merupakan hal yang tidak nyaman. Karena itu, kulit bibir sering diambil paksa. Tidak jarang bibir berdarah dan menyebabkan kering.
TelingaAnda perlu menghilangkan kebiasaan memasukkan tangan pada lubang telinga. Selain kotor dan mengandung banyak bakteri, telinga mempunyai selaput tipis yang mudah rusak oleh kontak atau gerakan terlalu mendadak. Sobeknya membran akan menyebabkan infeksi.
MataJangan mengucek mata jika terasa gatal. Anda bisa mengandalkan obat tetes mata atau mengguyurnya dengan air bersih yang mengalir. Tangan yang kotor bisa menyebabkan mata menjadi infeksi.
Beraktivitas membuat tangan anda berhubungan dengan banyak barang. Mungkin saja besih namun tidak menutup kemungkinan bagian itu kotor. Bila anda menyentuh bahkan menggaruk, tentu saja hal ini akan menyebabkan permasalahan lain pada tubuh anda