Monday, October 10, 2016
Berlangganan

Hebat, Kakek 74 Tahun Ini Kuat Kelilingi Indonesia dan 3 Negara Naik Sepeda

Cerita dari Slamet Sutikno menarik perhatian sejak beberapa waktu lalu. Kakek berumur 74 tahun itu mengelilingi Indonesia dan 3negara lainnya hanya dengan mengendarai sepeda ontel kesayangannya.
Perjalanan kakek Slamet ini telah dimulai sejak 7 bulan lalu. Baru-baru ini ia diketahui telah melewati Kota Tawau, Malaysia dan tengah menuju pelabuhan di Nunukan, Kalimantan Utara.
Kakek Slamet mengungkap jika ia akan melanjutkan perjalanan ke kota Tarakan dan Balikpapan. Meski sudah tak lagi muda, pensiunan PNS tahun 1998 ini masih terlihat bugar dan bersemangat.
“Hari ini tepat 7 bulan sejak berangkat dari Malang. Rencana mau ke Balikpapan, Sulawesi, Ambon terus ke Timor Leste,” ujarnya baru-baru ini.
Kakek Slamet mengungkap jika ide mengelilingi Indonesia dengan sepeda itu muncul dari teman-temannya di Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Malang. Ia mendapat kehormatan untuk mewakili komunitasnya. Kakek itu mengaku senang dan terkesan ketika ia disambut dengan hangat oleh warga Malang saat mengunjungi Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.
“Kita sempat ngontel 8 hari ke Bali saat kongres ke-3, diteruskan ke Semarang sampai 6 hari. Berarti kita mampu sampai ke Sabang. Dari situ kita mulai keliling nusantara,” imbuhnya.
Menariknya, tidak hanya kakek Slamet saja yang berusia lanjut, sepeda yang membawanya berkeliling ternyata dua tahun lebih tua, yaitu 76 tahun. Beruntung selama perjalanan, sepeda ontel kesayangan itu tak pernah bermasalah. Meski begitu, kakek Slamet selalu menyiapkan ban cadangan untuk berjaga-jaga.
Lebih lanjut, kakek Slamet juga sempat membagikan tips menjaga kesehatan meski diusia lanjut. Pria asal Malang ini rupanya memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi bawang putih. “Seperti minum obat, pagi siang dan malam. Cukup 1 siung. Alhamdulillah dari berangkat sampai tiba di ujung Paling Utara Pulau Nunukan saya masih sehat,” pungkasnya.