Wednesday, September 21, 2016
Berlangganan

Gancedo Meteorite - Meteoroit Terbesar di Temukan, Begini Dampaknya

Guys, bagi kamu yang tertarik dengan dunia astronomi, ada sebuah penemuan baru nih. Di Argentina, ditemukan sebuah meteoroit dengan berat 30 ton.
Meteoroit ini ditemukan oleh tim ilmuwan dari Chaco Association of Astronomy di wilayah Campo del Cielo, Argentina, seperti dilansir dari skyandtelescope.com.
"Kami mengira berat ini sesuai yang terdaftar, kami tak menyangka ternyata malah lebih dari 30 ton," ujar Mario Vesconi dari Chaco Association of Astronomy kepada layanan berita Xinhua.
Ia menambahkan, penemuan meteorit ini diberi nama Gancedo Meteorite dan memiliki berat 30.800 kilogram. Lebih lanjut, para ilmuan akan mengukur kembali meteoroit ini untuk kebutuhan penelitian.
Tempat ditemukannnya meteoroit ini berada di Campo del Cielo, terletak di perbatasan antara provinsi Chaco dan Santiago del Estero, barat laut dari ibu kota Argentina, Buenos Aires.

Benda ini ditemukan di area yang disebut dengan Campo del Cielo, atau yang jika diterjemahkan artinya 'Ladang Langit' atau 'Ladang Surga'
Situs ini sebelumnya tertutupi oleh sebuah kawah yang terbentuk karena hujan meteor empat ribu tahun lalu. Beberapa media lokal menyebutkan bahwa temuan ini merupakan meteor terbesar kedua.
Namun, laporan ini belum dapat dikonfirmasi lebih lanjut. Meteoroit paling besar yang pernah ditemukan adalah meteor yang ada di Namibia dengan berat 60 ton. Temuan itu dikenal dengan nama 'Hoba'.
Berat dari meteor tersebut mencapai 60 ton dan diduga menghantam Bumi sekitar 80 ribu tahun yang lalu. Penemuan meteoroit ini memang belum diketahui mengenai manfaatnya.
Namun pemerintah lokal menyebutkan, wilayah atau tempat ditemukannya meteoroid ini bisa berdampak dalam hal wisata. Tempat ini bisa jadi tempat wisata nantinya.