Saturday, September 10, 2016
Berlangganan

Fakta Makanan - Jangan Sepelekan Rambut Jatuh di Makanan! Hiii, Ada 50 Ribu Bakteri

Aktivitas makan tak sekadar menyuapkan apa yang ada di atas piring ke dalam mulut. Lebih dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Mulai dari bahan makanan, peralatan masak yang digunakan, cara mengolah, hingga kebersihannya. Foodies pasti pernah dong menemukan sehelai rambut yang jatuh di makanan? Entah itu masakan yang dibuat sendiri atau orang lain.
Apa yang kalian lakukan?
Merasa jijik dan enggan makan makanan tersebut atau mengambil rambut itu dan cuek saja memakannya karena tidak mengubah rasa? Mulai sekarang, bagi kamu yang cuek, wajib perhatikan hal ini.
Gun Gun Chandra Handayana, Senior Sous Chef (Application Chef) Unilever Food Solutions bilang, dalam sehelai rambut yang jatuh itu ternyata mengandung 50 ribu bakteri.
"bu-ibu pasti menganggap sepele kalau ada rambut jatuh di makanan. Padahal, dalam sehelai rambut yang jatuh itu mengantung 50 ribu bakteri," kata Gun Gun dalam kelas kuliner yang diadakan Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia Sumatera Utara (APJI Sumut) di Hotel Madani Medan, Selasa (30/8/2016).
Apa penyebab sehelai rambut begitu banyak mengandung bakteri?
Serentak peserta dalam kelas kuliner tersebut menjawab kotoran rambut seperti ketombe dan kutu penyebabnya. Belum lagi alasan debu dan polusi udara.
"Selain rambut, 80 persen kontaminasi makanan berasal dari tangan kita. Maka mencuci tanganlah dengan benar, jangan mentang-mentang sudah pakai sabun mencucinya dianggap sudah bersih," kata dia dilansir TribunTravel.com dari Kompas.com.
Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan serbet untuk mengelap semua kebutuhan dapur.