Wednesday, August 10, 2016
Berlangganan

Tiap Hari, Ibu Ini Gendong Anaknya yang Lumpuh ke Sekolah

Ilham Irfani, bocah penyandang disabilitas berusia 13 tahun itu, bercita-cita jadi ahli komputer.
Ia tidak patah semangat meski kaki kanannya lumpuh. Impiannya jauh lebih besar ketimbang keterbatasan fisik yang dialaminya.
“Saya yakin bisa mencapai impian itu dan bisa membuat orangtua serta ketiga kakak saya bangga,” ucapnya kepada Tribun Jateng, Minggu (7/8/2016) sore.
Siti Robiah, sang ibu, mengerti dan memahami betul cita-cita anaknya. Makanya, ia tak mau mengecewakan buah hatinya dan terus memberi motivasi untuk melanjutkan sekolah.
Saat ini Ilham mengikuti program kejar Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Mitra Harapan Pabelan, Semarang.
Setiap hari Robiah mengantar Ilham ke sekolah naik ojek. Ia menggendongnya dari rumah. Kadang saat tiba di sekolah ia dibantu guru untuk mengantar Ilham hingga ke kursinya di kelas.
Pengelola PKBM Mitra Harapan Pabelan, Sudarsih mengutarakan, selama mengikuti pembelajaran, Ilham termasuk siswa yang aktif.
Bahkan dapat dikatakan sebagai anak yang pandai. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ujian nasional (UN) yang totalnya adalah 261 atau rata-rata 86.
“Di daftar nilai selama Ilham bersekolah di MI Pabelan saja rata-rata nilainya adalah 8. Di kelasnya selalu masuk ke 10 besar di sekolahnya," ucapnya.
Ia berharap Ilham melanjutkan studi ke Paket C. "Kebetulan kami ada pembelajar vokasi, yakni berbentuk pendampingan kepada mereka penyandang disabilitas atau lainnya,” tandasnya