Friday, August 26, 2016
Berlangganan

Gerhana Matahari Parsial - Tandai Kalendermu, Inilah Kota yang Akan Dilewati Fenomena Langka

Guys, satu lagi fenomena langit yang bisa kamu saksikan di Indonesia. Setelah dihebohkan dengan gerhana Matahari total pada 9 Maret 2016 lalu dan dilanjut dengan gerhana Bulan penumbra empat belas hari kemudian, kini kamu harus bersiap siap dengan fenomena berikutnya.
Kali ini giliran gerhana Matahari parsial yang akan menampakkan diri di langit. Gerhana matahari parsial atau gerhana Matahari cincin akan berlangsung pada 1 Sepetember 2016, seperti dilansir dari Info Astronomy.
Kota mana saja yang dapat menyaksikan fenomena langit ini? 
Bukan hanya Indonesia saja yang menikmati gerhana Matahari cincin, melainkan beberapa kota di luar negerti juga bisa menjadi saksi dari gerhana Matahari cincin ini. Peristiwa gerhana Matahari cincin ini bertitik great eclipse di Tanzania.
Namun beberapa negara di Afrika Tengah seperti Gabon, Kongo, serta Madagaskar juga kebagian untuk melihat gerhana Matahari cincin.
Waktu paling awal untuk menikmati gerhana Matahari cincin ini pada sekitar pukul 13:13 WIB tepat pada tanggal 1 September 2016. Sementara titik maksimum gerhana Matahari cincin akan berlangsung pada pukul 17:01 WIB.
Puncak gerhana Matahari cincin akan berlangsung selama 3 menit dan 6 detik. Lalu kalau Indonesia, kota mana saja yang bisa menikmati gerhana Matahari cincin?
Keep calm, guys.
Di Indonesia sendiri, hanya beberapa daerah yang dapat menikmati fenomena ini. Kota tersebut diantaranya Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bengkulu dan Lampung. Namun sayang, wilayah Indonesia harus menikmati gerhana Matahari cincin dengan persentase yang sangat kecil.
Piringan Bulan hanya sedikit menggigit piringan Matahari seperti pada ilustrasi di bawah ini: 
Nah, jika kamu berada di kota-kota yang dapat menikmati gerhana Matahari cincin, kamu bisa menikmatinya ketika menjelang senja, saat Matahari siap terbenam di ufuk barat.
Lokasi yang disarankan untuk menikmati fenomena langit ini, diantaranya pantai dan dataran tinggi. Nah, selain ada fenomena gerhana Matahari cincin pada 1 September 2016, kamu juga harus bersiap-siap untuk menikmati gerhana Bulan penumbra.
Kapan dan dimana lokasi gerhana Bulan penumbra?
Santai, kami akan selalu menghadirkan informasi terbaru untuk kamu.
Prakiraan Cuaca Malam Minggu Ini
Awali harimu dengan melihat perkiraan cuaca hari ini biar kamu tau apa yang harus dipersiapkan.
TribunTravel.com sudah merangkum perkiraan cuaca yang bersumber dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) hari ini Jumat (26/8/2016).
Nah, buat kamu yang ada di pulau Sumatera siap-siap bawa payung atau jas hujan, yah. BMKG memprediksi akan turun hujan ringan hingga sedang.
Pulau Jawa cukup beragam cuacanya. Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta diperkirakan akan hujan sedang hingga ringan. Surabaya hari ini bisa bebas beraktivitas karena cuacanya cerah berawan. Sementara Pulau Dewata harus bersiap siaga karena BMKG menunjukkan perkiraan cuaca berawan.
Bagi kamu yang ada di Pontianak dan Samarinda, Manado, Gorontalo, Palu cuaca hari ini mendung, guys. Semoga hatimu nggak ikutan mendung ya.
Bagi yang ada di wilayah Palangkaraya dan Banjarmasin jangan lupa bawa payung. Hari ini hujan akan membasahi kota ini. Di timur Indonesia, Jayapura diperkirakan cerah berawan. 
Tempat Keren Buat Menyaksikan Fenomena Langit
Apa kamu sudah menentukan lokasi terbaik untuk mengamati dan memotret kejadian langka di langit Indonesia?
TribunTravel.com punya beberapa tempat yang bisa kamu pilih, terutama buat warga Jogja dan sekitarnya.
1. Pantai Krakal
Pantai yang letaknya di Gunung Kidul ini akan menawarkan pemandangan yang indah dan langit barat terlihat jelas.
Kondisi lingkungan yang belum banyak terkena polusi udara membuat langit lebih cerah. Kalau kamu berniat kamping di sini juga boleh lho, guys.
Soalnya saat malam tiba, kamu bisa menikmati Milky Way juga. Yuk, segera ajak teman kamu berkemas dan datang ke pantai cantik ini.
2. Pantai Kukup
Bukan cuma Krakal saja, sebuah pantai yang posisinya tidak jauh darinya juga cocok untuk mengamati langi yang cantik.
Yup, Pantai Kukup namanya.
Pantai berpasir putih ini akan memanjakan mata kamu dengan pesona langit yang menakjubkan.
3. Pantai Drini
Pantai terakhir yang bisa dijadikan alternatif untuk menyaksikan pesona langit adalah Drini.