Thursday, August 25, 2016
Berlangganan

Fenomena Kotawaringin Timur - Di Daerah Ini, Kamu Bakal Ketemu 473 Janda Muda dan Cantik

Perempuan mana yang ingin menyandang status janda. Semua perempuan yang telah menjalani proses pernikahan, pastilah ingin kehidupan bersama sang suami langgeng selamanya.
Sayangnya, karena ada alasan tertentu memaksa seorang perempuan harus hidup sendiri, tanpa suami. Tentu berat menjalani kehidupan janda. Selain berjuang sendirian, ia harus menangkis omongan negatif orang sekitar terkait predikat janda.
Lazim didengar telinga kita, janda kerap dikaitkan sebagai penggoda hingga perebut suami orang. Padahal, tak semua janda berlaku seperti itu. Nah, bicara soal janda, ada sebuah fenomena unik yang bisa ditemukan di satu wilayah Indonesia.
Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, terkenal memiliki banyak penduduk wanita yang berstatus janda muda. Kabupaten yang beribukota di Sampit tersebut punya banyak stok janda yang masih muda dan cantik. Jika dihitung berdasarkan sensus penduduk, maka ada sekitar 473 wanita muda yang berstatus sebagai janda.
Tingginya angka wanita berstatus janda tersebut membuat keprihatinan tersendiri bagi warga dan pemerintah daerah setempat. Pasalnya, meski kota mereka menjadi sedikit terkenal. Sayangnya, bukan hal sesutau yang membanggakan.
Banyaknya janda di daerah tersebut disebabkan karena tingginya angka perceraian yang terjadi. Warga daerah setempat punya kebiasaan untuk menikahkan anak-anak mereka pada usia yang masih belia. Hal itulah yang dilansir sebagai penyebab seringnya terjadi kasus perceraian.
Para pasangan muda tersebut belum punya pondasi yang kokoh untuk menjalani komitmen pernikahan, sehingga akhirnya mereka bercerai. Selain itu, faktor ekonomi juga menjadi penyebab terjadinya perceraian. Keadaan ekonomi yang sulit dan sulitnya mencari pekerjaan berimbas pada komitmen pernikahan yang tak bisa lagi dipertahankan.
Sebenarnya pemerintah telah memberikan imbauan kepada para orangtua di wilayah itu agar terlebih dahulu mempersiapkan anak-anak mereka secara matang sebelum memutuskan untuk menikahkan anaknya.
Nah, bagaimana menurutmu?
Kamu yang jomblo, mungkin berniat untuk datang ke daerah ini.