Sunday, August 10, 2014
Berlangganan

Jenis-Jenis Parasit Paling Mengerikan di Dunia

Jelajah Misteri - Dunia dan seluruh isinya memang selalu memberikan misteri, tak terkecuali salah satu makhluk hidup yang ada didalamnya. Parasit adalah hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya. Parasit dapat menyerang manusia dan hewan, seperti menyerang kulit manusia. Parasitoid adalah parasit yang menggunakan jaringan organisme lainnya untuk kebutuhan nutrisi mereka sampai orang yang ditumpangi meninggal karena kehilangan jaringan atau nutrisi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah jenis-jenis parasit yang mengerikan di Dunia.

Loa-Loa, Cacing Mata Afrika


Loa Loa biasanya disebut juga sebagai cacing mata. Parasit ini memasuki tubuh manusia melalui gigitan lalat rusa dan mengeksplorasi tubuh inangnya, tersembunyi di balik kulit bertahun-tahun sampai suatu saat orang yang dihinggapi merasakan sesuatu yang aneh pada matanya. Cacing ini akan muncul di permukaan bawah bola mata. Kebanyakan cacing ini dapat ditemui di daerah Afrika dan India. Gejalanya sendiri dapat berupa gatal-gatal, nyeri sendi, bahkan kematia.

Plasmodium - Malaria (Nyamuk Anopheles)


Plasmodium atau lebih dikenal atas penyakit yang mereka sebabkan yakni Malaria. Jika dilihat hanya dari kelakuan dan penyakitnya saja, mungkin Plasmodium bukanlah parasit yang dapat dikatakan mengerikan. Tapi jika Anda melihat statistik penyakit Malaria di dunia maka parasit yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles ini tidaklah dapat dieremahkan. Coba Anda tebak berapa banyak orang di dunia yang menderita penyakit malaria setiap tahunnya? 1 juta? 2 juta? Berdasarkan statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 207 juta kasus penyakit malaria dengan perkiraan kematian adalah 627 ribu orang yang meninggal setiap tahunnya.

Dari statistik inilah maka dapat dikatakan bahwa malaria atau tepatnya parasit Plasmodium adalah parasit yang cukup mengerikan bagi manusia. Malaria sendiri adalah penyakit yang gejalanya dapat terlihat dalam bentuk demam dan pusing namun dalam situasi terburuk dapat mengarah ke koma dan kematian.

Naegleria Fowleri - Parasit Pemakan Otak Anda (Amoeba Air Tawar)


Terkadang dikenal juga dengan nama "amoeba pemakan otak" adalah amoeba yang dapat ditemukan di air tawar hangat khususnya di bagian Barat Daya Amerika. Tidak ada salahnya mereka ada di air tawar hangat namun masalah jika mereka mencari rumah kedua di otak manusia. Infeksi yang disebabkan oleh amoeba Naegleria ini akan menyebabkan penyakit langka yang dikenal dengan nama Amebic Meningoencephalitis (PAM), ya terdengar sangat ilmiah bukan? Namun singkatnya peradangan otak.

Peradangan itu akan menyebabkan jaringan otak hancur secara perlahan-lahan yang mengarah ke gejala pusing, demam, muntah-muntah, atau leher pegal. Yang mengerikan adalah dalam jangka waktu yang lebih lama, Amoeba ini akan menyebabkan hancurnya jaringan otak yang lebih parah seperti kehilangan keseimbangan, pingsan, dan halusinasi. Kondisi ini akan terus menjadi lebih parah dan menyebabkan kematian dalam waktu 3 hingga 7 hari. Jika itu belum mengerikan maka ketahuilah bahwa kemungkinan kematian yang disebabkan parasit ini adalah 95%.

Demikian tadi beberapa parasit yang sangat mematikan apabila menyerang tubuh manusia, karna dunia ini penuh misteri masih banyak lagi jenis-jenis makhluk hidup yang belum ditemukan.